wellcome

"^_^ WELLCOME TO MY SITE ^_^" WORD HAVE POWER USE THEM WISELY

Jumat, 25 Maret 2016

KONSUMTIF VS PRODUKTIF


Kali ini Saya akan membahas tentang perilaku Konsomtif dan Produktif.

Konsumtif adalah kata sifat, berasal dari kata dasar “konsumsi” maka dengan demikian kata konsumtif berarti sifat mengkonsumsi, memakai, menggunakan, menghabiskan sesuatu. Sementara produktif adalah bentuk ajektif dari kata benda produksi. Arti produktif adalah “banyak hasilnya”, atau bisa kita artikan “terus menerus menghasilkan”

KONSUMTIF

Perilaku orang yang bertipe Konsumtif akan lebih cenderung untuk memenuhi kebutuhannya dengan membeli sebuah barang. Mereka tidak pernah berpikir mengenai bagaimana barang itu dibuat, mereka lebih fokus tentang bagaimana memiliki barang tersebut, mengikuti trend yang ada, mudah tergoda dengan diskon-diskon besar meskipun sebenarnya mungkin barang barang tersebut tidaklah terlalu mereka butuhkan. Hal ini tentu saja bisa kita katakan pemborosan, yang lama-kelamaan kalau tidak ditangani bisa menimbulkan hutang ekonomi, Mengapa demikian, karena dana yang anda miliki untuk memenuhi kebutuhan anda, pasti lama-kelamaan akan berkurang, sedangkan tingkat kebutuhan anda semakin meningkat saja.

PRODUKTIF

Tipe produktif sebenarnya masih mempunyai sifat konsumtif namun kadarnya hanya sedikit, mereka memenuhi kebutuhanbya sama dengan konsumtif dengan membeli barang namun untuk kedepannya, mereka cenderung untuk berpikir, bagaimana cara untuk membuat barang seperti ini, meskipun tidak mirip tapi setidaknya bisa memiliki fungsi yang hampir sama dengan yang tadi mereka pakai.

Pertamanya mereka memang sama-sama menggunakan barang, namun lama kelamaan tipe produktif ini menggeser dari yang tadinya mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut, menjadi barang tersebutlah yang menghasilkan uang buat mereka.

Mungkin bisa di bilang di Indonesia masyarakatnya termasuk kategori konsumtif, bisa dilihat dari trend gadget, fashion dll. 
Selama ini kita tergiur dengan barang-barang import. Barang dari luar negeri tampak jauh lebih bergengsi. Akhirnya, negeri ini menjadi pasar menggiurkan bagi negara-negara produsen.

Mengapa tidak kita balik saja?

Kita yang seharusnya menjual barang-barang produksi sendiri. Kamu bisa menjualnya hingga ke luar negeri.

Nahh lalu Saya sendiri termasuk tipe yang mana??
Jujur susah sekali untuk menghindari prilaku konsumtif, apalagi jika kita berada dilingkungan yang selalu update dengan trend ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข,

sebenarnya semenjak berkembangnya teknology sekarang ini banyak sekali jalan kita untuk menjadi produktif, tidak perlu perlu modal yang besar untuk memasarkan barang-barang kita, Saya sendiri sempat beberapa kali berjualan di media sosial, dari jualan baju dan acessories namun selalu tidak berjalan lama, mental jualan saya masug kurang ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ.

Jadi saya tipe konsumtif tapi berusaha produktif.
Target saya selanjutnya ingin menjadi focus ke tipe produktif, semangatt ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar